9 Mei 2011

Pengertian etika, moral, etiket dan kode etik

Pengertian Etika
Etika adalah peraturan atau norma yang dapat digunakan sebagai acuan bagi perilaku seseorang yang berkaitan dengan tindakan yang baik dan buruk yang dilakukan oleh seseorang dan merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab moral.
Etik atau ethics berasal dari bahasa Yunani, yaitu etos yang artinya adat, kebiasaan, perilaku, atau karakter. Sedangkan menurut kamus Webster, etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral. Dapat disimpulkan etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang menentukan bagaimana sepatutya manusia hidup didalam masyarakat yang menyangkut aturan-aturan atau prinsip-prinsip yang menentukan tingkah laku yang benar.
Pengertian Moral
Moral, istilah ini berasal dari bahasa Latin yang berarti adat dan kebiasaan. Pengertian moral adalah perilaku yang diharapkan oleh masyarakat yang merupakan standar perilaku dan nilai-nlai yang harus diperhatikan bila seseoang menjadi anggota masyarakat dimana ia tinggal.
Etiket
Etiket atau adat merupakan sesuatu yang dikenal, diketahui, diulang, serta menjadi suatu kebiasaan didalam suatu masyarakat, baik berupa kata-kata atau suatu bentuk perbuatan yang nyata.
Pengertian Kode Etik
Kode etik adalah sekumpulan prinsip yang disetujui oleh semua anggota. Sedangkan kode etik keperawatan merupakan bagian dari etika kesehatan yang menerapkan nilai etika terhadap bidang pemeliharaan atau peyanan kesehatan masyarakat. Kode etik keperawatan di Indonesia telah disusun oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia melalui Musyawarah Nasional PPNI di Jakarta pada tanggal 29 November 1989.  Apabila seorang perawat melanggar kode etik akan dijatuhkan sanksi oleh PPNI sebelum masuk ke pengadilan.
Tujuan kode etik
Tujuan adanya kode etik keperawatan merupaan dasar dalam mengatur hubungan antar perawat, klien/pasien, teman sebaya, masyarakat, dan unsure profesi lain. Merupakan standar untuk mengatasi masalah yang dilakukan oleh praktisi keperawatan yang tidak mengindahkan dedikasi moral dalam pelaksanaan tugasnya. Untuk mempertahankan bila prakisi yang dalam menjalankan tugasnya diperluan secara tidak adil oleh institute maupun masyarakat. Merupakan dasar dalam menyusun kuriklum pendidikan keperawatan agar dapat menghasilkan lulusan yang berorientasi pada sikap profesional keperawatan. Memberikan pemahaman kepada masyarakat pemakai atau pengguna tenaga keperawatan akan pentingnya sikap profesional dalam melaksanakan tugas praktek keperawatan.


Langkah-langkah dalam melanggar kode etik keperawatan:
1.                Dijelaskan masalah
2.                Identifikasi kode-kode etik
3.                Identifikasi orang terlibat
4.                Identifikasi alternatif
5.                Memecahkan masalah dengan kekeluargaan atau pidana
6.                Mengambil keputusan

Prinsif dasar keperawatan professional

Prinsif dasar keperawatan professional adalah advokasi, advokasi disini maksudnya memberikan dukungan pada baik berupa moral, spiritual, dan dukungan berupa asuhan kepeawatan. Tanggung jawab, sebagai seorang perawat professional, maka perawat harus bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan terhadap pasien. Akuntabilitas, maksudnya adalah kita sebagai seorang perawaat professional harus mengetahui tujuan dan akibat dari tindakan yang kita berikan terhadap klien. Kerahasiaan, seorang perawat harus bias menjaga kerahasiaan dari kliennya.

 nilai-nilai esensial
Nilai-nilai merupakan hak-hak manusia dan pertimbangan etis yang mengatur prilaku seseorang. Nilai merupakan nilai milik pribadi yang mengatur langkah-langkah yang seharusnya dilakukan karena merupakan cetusan dari hati nurani dan diperoleh sejak kecil. 
Klasifikasi nilai-nilai adalah suatu proses, dimana orang atau seseorang dapat menggunakannya untuk mengidentifikas
Nilai-nilai esensial:
1.       Keindahan
2.       Mengutamakan oranglain
3.       Kesetaraan
4.       Kebebasan
5.       Martabat manusia
6.       Keadilan
7.       kebenaran
Kesimpulan
Etik atau ethics berasal dari bahasa Yunani, yaitu etos yang artinya adat, kebiasaan, perilaku, atau karakter. Sedangkan menurut kamus Webster, etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral  
Etika keperawatan dapat digunakan sebagai acuan bagi prilaku seseorang  dalam mengatur hubungan antar perawat, klien/pasien, teman sebaya, masyarakat, dan unsure profesi lain. Merupakan standar untuk mengatasi masalah yang dilakukan oleh praktisi keperawatan yang tidak mengindahkan dedikasi moral dalam pelaksanaan tugasnya

0 comments:

Poskan Komentar